Minggu, 29 November 2015

OLAH RAGA TENIS LAPANGAN



Olah raga tenis lapangan adalah olah raga yang di Indonesia biasanya dimainkan di lapangan yang dilapisi semen.  Mirip dengan lapangan bulu tangkis tapi jauh lebih luas.  Ukurannya adalah panjang 36 m dan lebar 18 m.  Jumlah pemaian yang dapat ditampung minimal 2 pemain (single) dan maksimal 4 pemain (double)

Pada awalnya olah raga tenis lapangan hanya menggunakan tangan untuk memainkan bola.  Seiring dengan perkembangan akhirnya tangan tidak lagi digunakan malainkan sudah menggunakan raket.  Ukuran raketnya mirip bulu tangkis juga tapi ianya lebih besar dan panjang dan sedikit lebih besar di gagang.  Ada aturan mengenai ukurannya yaitu panjang raket tidak boleh lebih dari 73,66 cm dan lebar tidak boleh lebih dari 31,75 cm.

Pada awalnya juga olah raga tenis lapangan ini dimainkan oleh kalangan menengah ke atas.  Maklum saja biaya peralatannya saja seperti raket lumayan mahal.  Namun kelebihannya di banding dengan bulu tangkis adalah di olah raga tenis jika kita sudah memiliki 2 buah bola sudah cukup jika hanya sekedar bermain saja.  Beda dengan bulu tangkis harus sering ganti-ganti kok.  Jadi kalau dihitung-hitung dari segi biaya, bulu tangkis bisa lebih mahal.

Kelebihan lain olah raga tenis lapangan dibanding dengan bulu tangkis adalah permainan ini bisa dimainkan oleh semua tingkat usia, dan dapat dimainkan oleh siapa saja termasuk orang-orang yang duduk di kursi roda.

Mengapa segala usia dapat bermain tenis?  Karena dalam permainan setiap memukul bola kita bisa tarik nafas dengan rileks terlebih dahulu sambil menunggu bola dikembalikan kepada kita.  Oleh karena itu jika anda sudah memasuki usia kakek-kakek atau nenek, anda tetap dapat bermain dengan tenang.
Perlu diketahui juga sahabat tenislapangan-123.blogspot.com bahwa olah raga tenis ini termasuk salah satu cabang yang dipertandingkan dalam Olimpiade lho.


Apa saja sih bahan-bahan yang digunakan dalam permaianan tenis lapangan?  Berikut ini detailnya :
Bola terbuat dari karet yang dilapisi optic yang warnanya kuning.  Diameternya berkisar 6,858 cm sedangkan beratnya harus 56 -59,4 gram.  Jadi kalau membeli bola tenis harap ditimbang dulu apakah beratnya sudah 56 – 59,4  gram atau tidak.  Kalau tidak segitu cari di took yang lain aja.  Toko yang menjual bola banyak berjejer di Jatinegara.

Hm.. saya mau info apa lagi ya mengenai Olah raga tenis lapangan ini?  Oh iya.  Suatu saat saya akan infokan mengenai daftar lapangan tenis lapangan yang ada di Jakarta semoga para penggemar tenis lapangan dapat langsung meluncur ke sana.

Oh iya silahkan kunjungi belajartenis lapangan jika mau belajar secara  detail.  Atau kalau minat menggunakan bol tenis bertali tanpa pelatih, dapat menghubungi ini 0821-22947309 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar