Senin, 09 November 2015

Tenis Lapangan

Asal Usul Tenis Lapangan


Gambar : Bola bertali untuk latihan tenis lapangan tanpa pelatih

Tenis lapangan merupakan olahraga yang bergengsi dan terkenal di seluruh penjuru dunia. Pemain-pemain kelas atas dan memiliki ciri khas dari penampilan berbusana sport dan segala perlengkapan yang dikenal mahal, unik, serta penuh gaya fashion terkini dari ujung rambut hingga ujung kaki. Beberapa pemain yang sudah cukup terkenal antara lain Roger Federer, Andy Murray, Novac Djokovic. Dari sektor tunggal putri seperti Maria Sharapova, Serena Williams, Venus Williams, Li Na, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa penjelasan serta informasi menarik seputar tenis serta kebaikannya.

Latar Belakang serta Sejarah Mengenai Olahraga Tenis

Tenis bagi yang masih belum mengerti mungkin akan bertanya-tanya, seperti apa dan bagaimana modelnya, karena seringnya olahraga ini diikuti oleh mancanegara, bukan dari Asia seperti Indonesia. Tenis ini berada dalam dua macam, yang pertama adalah tenis yang dilakukan di lapangan dan yang kedua adalah tenis yang dilakukan di meja khusus kecil, biasa disebut dengan tenis meja. Tenis yang dilakukan di lapangan besar ini, adalah suatu permainan olahraga bola kecil berwarna hijau yang kemudian dipantulkan oleh raket khusus tenis serta dipukulkan agar dapat melewati net hingga lawannya tidak bisa mengembalikan bolanya. Berdasarkan sejarahnya, tenis pertama kali terlihat, tentara dari Negara Inggris yang bernama yaitu Mayor W. C. Wingfield mulai saat itu mengenalkan olahraga tenis lapangan ketika di pesta tepatnya bertempat di Wales pada tahun sekitar 1873. Adapun olahraga ini ternyata suatu jaman dahulu bangsa di Yunani jaman kuno. Sekitar tahun 1879 permainan olahraga ini ternyata sudah dibuat permainan atau dimainkan ramai-ramai bertempat pada lapangan yang keras bersemen hingga waktu sekarang saat ini berpusat di Wimbledon, Negara Inggris.


Perkembangan Tenis di Lapangan Tepatnya Indonesia

Setelah merambah ke Negara Indonesia, ternyata olahraga ini dikenalkan seseorang bernama Dr. Hoitep tepatnya di acara Pekan Olahraga Nasional pertama kalinya bertempat pada Solo, Jawa Tengah sekitar tahun 1948, pertandingan tenis di lapangan mulai saat itu diadakan dan diselenggarakan dengan baik dan disambut meriah. Jenis wadah atau perkumpulan yang membentuk suatu organisasi perhimpunan Indonesia yaitu dinamakan Persatuan Lawn Tenis Indonesia, merupakan kepanjangan dari Pelti. Permainan awalnya bagi pemula supaya bisa melakukan permainan tenis ini secara benar dan baik menghindari cedera, pastikan agar dapat melakukan penguasaan teknis dan teknik terlebih dahulu secara cepat.  Adapun perlengkapan serta peralatan tenis yang secara fisik dan utama terpenting adalah lapangan kerasnya terbuat dari bahan semen keras. Lapangan bentuknya seperti persegi panjang dimana antara bagian tunggal dan bagian ganda ternyata ukurannya berbeda jauh. Dengan lapangan ini berikutnya komponen yang sesuai adalah net atau biasa disebut dengan jaring-jaring tingginya hampir mencapai satu meter diukur dari tanah, serta bahannya tali sifat nilon yang dianyam sedemikian rupa. Setelah itu ada juga model bola yang kecil, serta pemukulnya berupa raket kuat yang cukup besar dari pemula terbentuk agak cukup ringan serta yang pro biasanya membuat sampai berat. Mengenai kostum, berdasarkan pertandingan Wimbledon sebagai pusatnya, pada biasanya berbentuk pakaian serba berwarna putih bersih tanda kemakmuran serta bersih dan juga. Adapun tenis akan terus berkembang di Indonesia meskipun jarang dan hanya untuk kalangan tertentu saja, nantinya olahraga ini pasti terus bercabang serta berkembang pesat, berdasarkan pengalaman dan melahirkan atlet-atlet taraf nasional hingga mencapai internasional dapat memperkenalkan olahraga tenis lapangan.